Local Web Server with Xampp

xampp

Xampp merupakan software open source yang banyak digunakan untuk keperluan Web. Xampp terdiri dari beberapa program yang digunakan bersamaan untuk mendukung kemudahan bagi pengguna dalam membuat server lokalnya sendiri.Xampp menggunakan Apache sebagai web server dan MySQL sebagai databasenya.

Xampp merupakan software yang  sangat bagus digunakan untuk mempelajari Pemrogramman web dan Desain web. Aplikasi yang disediakan oleh Xampp yang merupakan kolaborasi antara Apache dan MySQL yaitu Aplikasi PhpMyAdmin yang berupa aplikasi web.

Berikut langkah – langkah membuat Local Web Server dengan Xampp:

  1. Pastikan anda mendownload aplikasi Xampp. Kunjungi Website Apache Friends. Carilah link download pada page tersebut, bila anda menggunakan Windows maka klik pada link Xampp for Windows atau bila anda menggunakan OS lain, pilihlah sesuai dengan OS anda. Xampp yang digunakan Admin merupakan Xampp untuk Windows.
  2. Install XAMPP  pada drive C: atau Primary Drive(jika installer sudah terdownload, pastikan anda mengikuti cara penginstalannya dan pastikan anda menginstallnya pada Drive C: atau Drive Utama dimana anda menginstall windows anda). Ingat, Xampp harus diinstal langsung pada alamat drive(mis, C:) dan  tidak boleh didalam folder lain supaya Web Server anda bisa bekerja.
  3. Setelah selesai instalasi, lihat pada Drive C: anda(Primary Drive anda) dan akan muncul sebuah folder baru dengan nama XAMPP. Masuk ke dalam folder tersebut dan cari file setup_xampp.bat(bila ada) dan ikuti proses setupnya.
  4. Carilah dan buka file dengan nama xampp-control.exe. Akan muncul Xampp Control Panel seperti gambar. xampp_control_panel_winIngat, bentuk Control Panel bisa berubah tergantung versi yang diinstall.
  5. Sekarang, aktifkan dua aplikasi dari control panel tersebut( Apache dan MySql) dengan memilih start pada keduanya. Tunggu sampai keduanya memiliki status “Running”. Bila status running tidak muncul, lakukan refresh beberapa kali lalu coba aktifkan kembali. Bila masih tidak berhasil, centang kotak pilihan “Svc” pada masing – masing Aplikasi. Jika Anda ter- block oleh Windows firewall, pastikan anda mengizinkan akses dari kedua aplikasi ini.
  6. Bila kedua aplikasi sudah aktif, silahkan buka web browser anda.
  7. Ketikkan alamat http://localhost/xampp     atau  http://127.0.0.1/xampp   atau  http://localhost:8089/xampp .Gunakan alamat kedua atau ketiga bila halaman Xampp tidak terbuka.xampp_page
  8. Untuk membuka PhpMyadmin, anda cukup mengubah tulisan “xampp” pada langkah ke- 7 dan ubah menjadi phpmyadmin. Halaman akan tampil seperti berikut.Ingat, bentuk halaman berbeda tergantung Versi.logged-in-phpmyadmin-landing-page
  9. Bila anda akan membuat sebuah halaman web baru atau dengan tujuan mencoba untuk belajar, saya menyarankan anda mencari folder C:\xampp\htdocs dan letakkan di dalam folder baru dengan nama yang anda inginkan misalnya “latihan”. Maka akan menjadi C:\xampp\htdocs\latihan   bukan?. Sekarang, cara untuk mengakses file web anda yang ada di dalam folder tersebut bukan dengan mengklik filenya namun, cukup ketikkan pada web browser,    http://localhost/latihan    maka akan tampil semua file yang ada di dalam folder latihan tadi.

Xampp juga memiliki versi portable yaitu XamppLite. XamppLite tidak diinstall namun cukup di extract ke Primary Drive anda. Selanjutnya, ikuti  langkah ke 3 diatas dimana anda mencari file setup_xampp.bat.

Sekian untuk pengenalan Local Web Server menggunakan Xampp, untuk pengaturan – pengaturan Web Server dengan Xampp dan mengatasi masalah yang muncul akan disampaikan pada Postingan pada waktu selanjutnya.

Advertisements

2 thoughts on “Local Web Server with Xampp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s